Etika Keutamaan Dalam Nilai-Nilai Pancasila

Pengantar

Pembahasan mengenai nilai-nilai Pancasila memang tidak ada habisnya. Sebagai dasar negara dan dasar falsafah hidup berbangsa dan bernegara, nilai-nilai Pancasila merupakan sesuatu hal yang sudah baku, tidak dapat diubah-ubah. Namun demikian, sebagai sebuah nilai, interpretasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah hal yang mutlak selalu dibutuhkan, seiring dengan perkembangan jaman.

Menurut Soekarno, nilai-nilai yang ada dalam Pancasila, merupakan nilai-nilai yang digali dari kekayaan budaya bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mempunyai nilai-nilai Ketuhana, Kemanusia, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan sejak ribuan ratusan tahun yang lampau, ketika negara Indonesia belum berdiri. Nemun demikian setelah 62 tahun merdeka keraguan terhadap Pancasila mulai bermunculan. Keraguan ini terkait dengan kenyataan bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara bangsa Indonesia semakin jauh dari nilai-nilai Pancasila tersebut. Banyak kalangan yang menyatakan bahwa nilai-nilai dalam Pancasila dianggap terlalu ideal sehingga sangat sulit untuk dapat dipraktekkan pada kehidupan sehari-hari. Pada masa Orde Baru nilai-nilai Pancasila sudah pernah untuk dicoba diterjemahkan menjadi norma yang lebih operasional seperti termaktub dalam Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila (P4). Namun demikian pemberlakuan standart operasional dan teknis seperti yang tercantum dalam P4, tidak juga dapat menjadikan manusia Indonesia lebih berPancasila. Korupsi, kolusi dan nepotisme justru merajalela bahkan mendarah daging dalam benak manusia Indonesia. Hal ini tentu saja memberikan dampak pada rusaknya moralitas sebagian manusia Indonesia.

Dengan latar belakang pemikiran tersebut, maka pembahasan Pancasila berdasar perspektif filsafat moral merupakan satu hal yang dapat dilakukan, untuk mengkaji kembali kembali pentingnya nilai-nilai moral yang ada dalam Pancasila. Apakah pembicaraan ini masih menarik, mengingat banyak ahli sudah pernah melakukan pengkajian tersebut. Tentu saja, mengingat, tulisan ini akan membahas nilai-nilai Pancasila dari sudut tinjauan yang mengkhususkan diri pada Etika Keutamaan.

Tulisan selengkapnya dapat disimak disini

Hastanti Widy Nugroho
Dosen Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada

One thought on “Etika Keutamaan Dalam Nilai-Nilai Pancasila”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*