Dr. Arqom Kuswanjono : Pancasila Mampu Tangkal Radikalisme

BULAKSUMUR, KAGAMA – Indonesia tengah menghadapi empat ancaman besar yang harus segera disikapi serius. Ancaman tersebut adalah radikalisme, terorisme, narkoba, dan korupsi.

Dekan Fakultas Filsafat UGM, Dr. Arqom Kuswanjono menyebutkan persoalan tersebut terjadi akibat Pancasila tidak dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Arqom menyampaikan masalah kebangsaan itu, Rabu (26/7/2017) dalam Konferensi Internasional bertajuk “Indonesia Philosophy and Peace ofthe War” di Fakultas Filsafat UGM.

Menurut Arqom, nilai-nilai Pancasila mampu menghadapi berbagai tantangan tersebut. “Karena itu, penting untuk membangun dan memantapkan kembali ideologi Pancasila di masyarakat. Mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang plural  perlu dilaksanakan, terlebih di tengah terpaan virus anti-Pancasila yang semakin meluas,” ujarnya.

Arqom menyampaikan hasil survei Kementerian Agama yang menunjukkan Pancasila masih diyakini sebagai ideologi terbaik bangsa.  Tidak hanya itu, banyak negara yang mengapresiasi Pancasila sebagai falsafah ideologi bangsa dan negara Indonesia.

“Hal ini menjadikan optimisme bahwa Indonesia mampu terus berkembang mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Selengkapnya dapat di baca di Portal Berita Kagama.co

kpifilsafat

One thought on “Dr. Arqom Kuswanjono : Pancasila Mampu Tangkal Radikalisme”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*