[10 Besar Lomba Film Pendek Pancasila] Pancasila = O2 karya Ja’a Nazielatu Rois Nabila – KPI Filsafat 2017

Indonesia memiliki landasan hidup bernegara yang di sebut Pancasila, yang sekarang kembali marak lagi dibicarakan oleh khalayak umum. Setiap penegak bangsa hingga penerus bangsa diwajibkan untuk mengetahui dan mengamalkan sila – sila pancasila dan segala butir yang ada di dalamnya. Pancasila adalah alat pemersatu bangsa dari semua aspek kehidupan bernegara. Maka dari itu pancasila di jadikan dasar negara dan menjadi pedoman hidup untuk warga Indonesia, dengan harapan para penerus bangsa bisa menerapkan sila – sila di dalam keseharianya untuk menjadikan negara indonesia sebagai negara yang utuh tanpa adanya perselisihan.


Pancasila tidak sebatas hafalan layaknya tuntutan tugas sekolah, tuntutan musiman para petugas upacara, apalagi hanya untuk formalitas ketika mengikuti acara kenegaraan. Pancasila bisa menjadi pancasila yang sebenarnya, jika para penegak bangsa hingga penerus bangsa juga mengamalkannya.

Pancasila akan sia – sia jika hanya sebatas dihafalkan, karena pancasila memiliki maksud dan tujuan disetiap silanya. Maka dari itu pancasila diibaratkan kita bernapas, bertahan, dan mati. Pancasila ibarat oksigen untuk hidup bernegara. Kita menghirupnya, memaknainya, merasakannya untuk bertahan hidup, jika kita kehilangan sedikit saja oksigen maka kita susah untuk bertahan bahkan kita bisa mati.

kpifilsafat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*