[10 Besar Lomba Film Pendek Pancasila] Koin Garuda karya Samsul Anwar – KPI Filsafat 2017

Berawal dari kisah tiga pemuda Aris, Riko, Mahmud  yang bekerja sebagai pengamen jalanan, meraup rezeki dari koin koin pemberian orang yang mereka beri nama “Koin Garuda”, karena memang di setiap koin rupiah ada satu sisi yang bergambar Garuda Pancasila, keinginan dan cita cita membuat mereka berkomitmen untuk menabung dari setiap koin yang mereka kumpulkan di celengan kaleng yang mereka buat khusus untuk menampung koin Garuda mereka.

Setahun berlalu celengan mereka sudah penuh, hingga akhirnya timbul hasrat untuk membelanjakan koin hasil menabung mereka, Riko yang merasa gitarnya sudah rusak tak sabar menunggu pagi untuk segera membeli gitar di toko musik yang sering ia lihat di jalan, begitupun Riris yang sangat memimpikan smartphone baru agar bisa mengakses media sosial. namun berbeda dengan Mahmud yang tidak terlalu memimpikan sesuatu dan hanya menyarankan untuk membeli kebutuhan pokok demi keberlangsungan hidup.

Tiba saatnya matahari bersinar di ujung timur, menandakan pagi datang, riko yang terbangun pertama kali terkejut melihat celengan Koin Garuda tiba tiba menghilang dari tempat penyimpanan kamar mereka. saling tuduh pun terjadi, Riko Riris Mahmud sama sama bingung dan marah dengan hilangnya “Koin Garuda” mereka. hingga akhirnya kecurigaan mengerucut  kepada sosok 2 anak jalanan lain (Hayat dan Lukman) yang mendengar obrolan mereka di malam sebelumnya.

Mereka pun bergegas mencari pencuri celengan koin garuda yang membuat amarah menjadi melonjak, namun kenyataan berkata lain. Sesuatu hal mulia terjadi seiring hilangnya sang koin Garuda, disinilah nilai Pancasilamuncul  menjadi hal yang mulia bagi setiap Individu yang menggunakan nalar nuraninya, semua itu demi cita cita luhur Bangsa Indonesia.

Lalu kemana hilangnya  Koin garuda? dan apa yang sebenarnya terjadi, saksikan film “Koin Garuda” (kemanusiaan yang adil dan beradab), film sederhana yang sangat kental dengan dimensi Realitas Sosial.

kpifilsafat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*