Activity

  • PASERGOL.COM posted an update 1 month, 3 weeks ago

    Setelah melalui proses persidangan dan lobi-lobi akhirnya rumusan Pancasila hasil penggalian Bung Karno tersebut berhasil dirumuskan untuk dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945, yang disahkan dan dinyatakan sah sebagai dasar Negara Indonesia merdeka pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI.

    Dalam kata pengantar atas dibukukannya pidato tersebut, yang untuk pertama kali terbit pada tahun 1947, mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat menyebut pidato Ir. Soekarno itu berisi ‘Lahirnya Pancasila’.

    “Jangan gentar! Jikalau umpanya kita pada saat sekarang ini diberikan kesempatan oleh Dai Nippon untuk merdeka, maka dengan mudah Gunseikan diganti dengan orang yang bernama Tjondro Asmoro, atau Soomubutyoo diganti dengan orang yang bernama Abdul Halim. Jikalau umpamanya Butyoo-butyoo diganti dengan orang Indonesia, pada sekarang ini sebenarnya kita telah mendapat political indepencence, politieke onafhankelijkheid, in one night! di dalam satu malam.” ujar Sukarno dalam pidato Lahirnya Pancasila. Dan gemuruh Jadwal Piala Dunia 2018 tepuk tangan pun mengiringi pidato Sukarno saat itu