Pelaku Bom di Surabaya Dinilai Jadi Musuh Semua Umat Beragama

Ragam Kajian Pancasila Forums Selamat Datang Dalam Diskusi Pancasila Pelaku Bom di Surabaya Dinilai Jadi Musuh Semua Umat Beragama

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  indira wati 1 month ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #681

    indira wati
    Participant

    Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar menyebut peledakan bom di tiga gereja di Surabaya sangat memprihatinkan. Sehingga, siapapun pelaku pengeboman di Surabaya dinilai akan menjadi musuh semua umat beragama.

    GP Ansor Jawa Barat pun mengeluarkan pernyataan sikap. Ada tujuh poin yang jadi catatan dari pernyataan sikap tersebut.

    “Pertama, mengecam dan mengutuk keras segala bentuk tindakan terorisme, apapun motif dan latar belakangnya,” kata Deni dalam siaran persnya, Minggu (13/5/2018).

    Menurutnya, segala bentuk kekerasan, menebar kebencian, hingga membuat rasa tidak aman, bukan merupakan ajaran dalam agama Islam. Ia pun meyakini semua agama mengajarkan pemeluknya menebar kasih sayang.

    “Yang telah berbuat demikian sejatinya adalah musuh semua umat beragama yang berpegang teguh pada agamanya,” ucapnya.

    Kedua, GP Ansor Jawa Barat menyampaikan rasa bela sungkawa kepada para korban. Ketiga, mendukung upaya dan langkah aparat keamanan untuk mengusut secara cepat dan tuntas motif, pola, dan gerakan yang memicu terjadinya peristiwa tersebut.

    Keempat, mengajak seluruh warga Indonesia untuk bersatu, bahu-membahu melawan segala bentuk gerakan terorisme, menggalang solidaritas kemanusiaan, sekaligus menolak segala bentuk kekerasan.

    Kelima, pihaknya meminta agar elit-elit bangsa Indonesia menahan diri, tidak memprovokasi masyarakat dengan bentuk spekulasi yang bisa memperkeruh suasana dari peristiwa yang terjadi.

    “Kita percayakan penanganan sepenuhnya di tangan aparat keamanan. Kita mendukung aparat keamanan, salah satunya dengan cara tidak ikut-ikutan menyebarkan isu, gambar korban, dan juga berita yang belum jelas kebenarannya terkait peristiwa ini,” tegas Deni.

    Keenam, GP Ansor Jawa Barat menyerukan kepada seluruh kadernya di Jawa Barat untuk berpartisipasi menciptakan suasana lingkungan jasa seo murah masing-masing yang aman.

    Ketujuh, mendesak pemerintah untuk mengambil langkah tegas serta cepat terkait penanganan dan isu terorisme dan radikalisme secara menyeluruh dari hulu hingga hilir.

    “Langkah tersebut sebagai bagian dari kewajiban negara untuk menjamin kelangsungan hidup warganya secara aman,” pungkas Deni.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.